RSS

ULAR

07 Aug

Ular adalah salah satu binatang yang masuk dalam rangkaian alur mata rantai kehidupan. Sampai saat ini, karena minimnya pengembangan studi tentang ular di masyarakat, paradigma masyarakat umum tentang ular cenderung negatif. Semua jenis ular terkesan menyeramkan dan mematikan, akibatnya, banyak sekali ular mati sia-sia karena dianggap binatang yang berbahaya. Padahal, sebenarnya hanya sekitar 5% saja dari ± 380 jenis ular di Indonesia yang berbisa dan mematikan sehingga perlu dihindari. Selebihnya adalah ular – ular biasa yang tidak perlu dibunuh sehingga perlu dilestarikan.

Ular merupakan binatang reptilia yang dapat kita jumpai di halaman rumah, kebun, sawah, ladang, hutan, sungai, rawa-rawa, pegunungan, pantai, laut, samudra bahkan di saluran – saluran air perkotaan seperti kota Jakarta. Untuk daerah tropis seperti di negara kita, jumlah ular cukup banyak dan bermacam-macam jenisnya, baik yang berbisa maupun yang tidak berbisa.

Pengetahuan tentang ular dan keterampilan penanganan bahaya perlu diberikan untuk membantu manusia dalam mengurangi efek dari bahaya psikis terhadap ular sehingga manusia dapat melakukan aktifitasnya sehari-hari tanpa merasa takut terganggu dan juga tidak perlu mengusik serta mengurangi jumlah ular. Keberadaan habitat ular yang cukup dekat dengan lingkungan hidup manusia perlu dikenal, dimengerti dan dipahami agar senantiasa dapat hidup beriringan serta tidak saling mengganggu.

 
1 Comment

Posted by on August 7, 2009 in Reptil, Umum

 

One response to “ULAR

  1. upm

    September 28, 2009 at 8:45 am

    aaaaaa

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: